KEBIJAKAN PRIVASI



Kebijakan Privasi (“Kebijakan”) ini berlaku untuk pengguna dari OK! Bank KTA (“Aplikasi”) dan/atau situs web https://kta.okbank.co.id ("Situs Web") OK Bank Indonesia. OK Bank Indonesia akan selalu berupaya untuk menjaga privasi maupun keamanan data pribadi pengguna Aplikasi dan Situs Web agar memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
1. Kebijakan Privasi
Kebijakan ini digunakan untuk seluruh informasi atau data pribadi setiap pengguna yang dikumpulkan, digunakan, disimpan dan diproses pada saat menggunakan Aplikasi dan/atau Situs Web (termasuk namun tidak terbatas pada nama, tanggal lahir, KTP, alamat, pekerjaan, informasi keuangan, email, nomor telepon dan/atau HP).
OK Bank Indonesia dapat menggunakan seluruh informasi atau data pribadi Pengguna untuk memperoleh dan memanfaatkan Informasi Perkreditan Pengguna melalui Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan dalam rangka OK Bank Indonesia memproses pengajuan kredit dan/atau pinjaman dari Pengguna.
OK Bank Indonesia dapat menggunakan seluruh informasi atau data pribadi setiap pengguna dalam rangka mengembangkan dan menyediakan fasilitas perbankan, menawarkan produk atau jasa serta untuk diungkapkan selama diperlukan dalam hal terjadi sengketa yang melibatkan pengguna sepanjang diminta oleh pihak yang berwenang dengan tetap tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku.
2. Tindakan keamanan
OK Bank Indonesia menggunakan sistem pengamanan untuk melindungi akses dan transaksi pengguna di Aplikasi dan Situs Web, yaitu:
  • Secure Socket Layer ("SSL") SSL yang merupakan teknologi pengamanan yang 'mengacak' jalur komunikasi antar komputer sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain.
  • Cryptography yang merupakan jenis algoritma kriptografi untuk pengamanan berdasarkan penggunaan kunci, sehingga pada pengaplikasiannya pengguna dapat menggunakan Aplikasi dan Situs Web secara aman.
3. Link Eksternal
Aplikasi dan Situs Web ini dapat memuat links ke situs lainnya dan OK Bank Indonesia tidak bertanggungjawab untuk praktek privasi dari situs lainnya. OK Bank Indonesia menganjurkan kepada para pengguna Aplikasi dan Situs Web untuk membaca kebijakan privasi dari setiap links yang mengumpulkan informasi pribadi.
4. Perubahan Kebijakan Privasi
OK Bank Indonesia berhak untuk sewaktu-waktu mengubah pernyataan pada Kebijakan ini. Pengguna Aplikasi dan Situs Web disarankan untuk membaca Kebijakan ini secara berkala.
5. Hubungi Kami
Jika pengguna memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan Kebijakan ini, harap menghubungi telepon atau email melalui kontak berikut:
  • Telepon: KTA Call Center (150 119)
  • Email: callcenter.retail@okbank.co.id
Informasi yang Dikumpulkan dan Disimpan Information
Collected and Stored

Dalam hal ini kami mengumpulkan dan menyimpan data pengguna untuk memperlancar penyediaan , pemeliharaan, dan proses perbaikan layanan serta tujuan lain yang diizinkan oleh undang-undang yang berlaku. Jenis data dan informasi yang kami kumpulkan dan simpan meliputi:s

In this case, we collect and store user data to facilitate the provision, maintenance, and repair process of services and other purposes permitted by applicable laws and regulations. The types of data and information we collect and store include:

  • ID Pengguna. Saat Pengguna mengajukan pinjaman melalui Aplikasi, Kami meminta Pengguna untuk memberikan informasi pribadi: seperti nama, email, nomor telepon, nomor KTP yang selanjutnya akan dijadikan sebagai ID Pengguna.

    User ID. When a User applies for a loan through the Application, We ask the User to provide personal information: such as name, email, telephone number, KTP number which will be used as a User ID.

  • informasi Pengajuan. Saat Pengguna mengajukan pinjaman melalui Aplikasi maka Pengguna akan mengisi formulir berupa informasi KTP, informasi demografis dan biaya hidup, informasi pekerjaan, informasi kerabat, informasi Bank berupa data tentang nomor rekening dan nama bank serta informasi alamat tempat tinggal.
    Submission Information. When the User applies for a loan through the Application, the User will fill out a form in the form of KTP information, demographic information and cost of living, employment information, relative information, Bank information in the form of data on account numbers, and bank names and residential address information.
  • Informasi Penggunaan. Kami juga mengumpulkan informasi mengenai cara Pengguna menggunakan Aplikasi, termasuk cara Pengguna melihat dan berinteraksi dengan konten, bagian Aplikasi yang Pengguna gunakan, informasi yang Pengguna cari, konten yang Pengguna lihat dan tindakan yang Pengguna lakukan.
    Usage Information. We also collect information about how Users use the Application, including how Users view and interact with content, the parts of the Application that Users use, the information that Users search for, the content that Users view, and the actions that Users take.
  • Informasi Pihak Ketiga. Kami mengumpulkan data dan informasi Pengguna melalui sumber data Pihak Ketiga yang digunakan dalam proses penyediaan Aplikasi.
    Third Party Information. We collect User data and information through Third Party data sources used in the process of providing Application.
  • Data Log. Saat Pengguna menggunakan Layanan maka secara otomatis Kami akan merekam informasi mengenai penggunaan Pengguna (“Data Log”). Data Log ini dapat memuat informasi seperti alamat Protokol Internet (IP) komputer atau perangkat bergerak Pengguna, jenis browser, halaman web yang Pengguna kunjungi sebelum masuk ke Situs, halaman Situs yang Pengguna kunjungi, waktu dan tanggal akses, data referensi instalasi aplikasi dan statistik lainnya.
    Log Data. When Users use the Service, We will automatically record information regarding User usage ("Log Data"). This Log Data may contain information such as the Internet Protocol (IP) address of the User's computer or mobile device, browser type, the web page that the User visited before entering the Site, the pages of the Site that the User visited, time and date of access, application installation reference data and other statistics.
  • Informasi Mobile Device. Saat Pengguna menggunakan Aplikasi, Kami hanya akan mengumpulkan informasi sesuai dengan persetujuan dan izin yang telah Pengguna berikan dengan mematuhi kebijakan Google Play Developer Policy. Berikut adalah permission access dan data yang akan Kami kumpulkan dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dan izin:
    Mobile Device Information. When Users use the Aplikasi We will only collect information in accordance with the consent and permission that Users have provided in compliance with the Google Play Developer Policies policy. The following are access permissions and data that we will collect first by obtaining approval and permission:
    • IMAGE Camera (Izin Foto), kami akan membaca data foto yang ada di perangkat Anda dan lokasi pengambilan foto ID And selfie
      IMAGE Camera (Photo Permission), we will read the photo data on your device and the location where the photo was taken.
    • LOCATION (Izin Lokasi), untuk mengetahui lokasi Anda saat mengajukan aplikasi pinjaman dan keperluan pencegahan aktivitas penipuan.
      LOCATION (Location Permission), to find out your location when submitting a loan application and to prevent fraudulent activities.
    • NOTIFICATION (Izin Notifikasi), kami akan membaca notifikasi dari aplikasi yang masuk ke dalam perangkat Anda, konten notifikasi.
      NOTIFICATION (Notification Permission), we will read notifications from applications that enter your device, notification content.
    • SMS (Izin SMS), kami akan memindai kode verifikasi yang masuk ke perangkat Anda saat Anda ingin melakukan log in ke dalam Layanan.
      SMS (SMS Permission), we will scan the verification code that enters your device when you want to log in to the Service.
Penggunaan Informasi Pengguna
Use of User Information
Kami akan menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang telah dikumpulkan dan disimpan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:
We will use all or part of the data that has been collected and stored from Users as mentioned in the previous section for the following purpose:
  • Kami menggunakan informasi Pengajuan, ID Pengguna, Data Pihak Ketiga, Data Log, dan Mobile Device untuk keperluan penilaian, analisis risiko dan keputusan persetujuan atas pengajuan Layanan.
    We use Submission information, User ID, Third Party Data, Log Data, and Mobile Device for the purposes of assessment, risk analysis and approval decisions for Service applications.
  • Kami menggunakan Informasi Mobile Device dengan tujuan sebagai berikut:
    We use Mobile Device Information for the following purposes:
    • ACCOUNT (Izin Akun), untuk sebagai pencegahan aktivitas penipuan.
      ACCOUNT (Account Permission), to prevent fraudulent activity.
    • APPLICATION (Izin Aplikasi), untuk mengetahui perilaku Anda dalam menggunakan aplikasi yang terdapat dalam perangkat Anda dan untuk perhitungan skor kredit.
      APPLICATION (Application Permission), to determine your behavior in using applications on your device and for credit score calculations.
    • CONTACT (Izin Kontak), untuk keperluan perhitungan skor kredit, penilaian kredit dan keputusan persetujuan atas pengajuan Layanan.
      CONTACT (Contact Permission), for the purposes of calculating credit scores, credit assessments and approval decisions for Service applications.
    • LOCATION (Izin Lokasi), untuk mengetahui lokasi Anda saat mengajukan aplikasi pinjaman dan keperluan pencegahan aktivitas penipuan.
      LOCATION (Location Permission), to find out your location when submitting a loan application and to prevent fraudulent activities.
    • NOTIFICATION (Izin Notifikasi), untuk mengetahui perilaku segmentasi dan perilaku Anda berdasarkan data notifikasi yang ada di dalam perangkat Anda dan untuk perhitungan kredit skor.
      NOTIFICATION (Notification Permission), to find out your segmentation behavior and behavior based on notification data on your device and for credit score calculations.
    • SETTING (Izin Pengaturan), untuk diolah secara statistik dan digunakan untuk perhitungan skor kredit.
      SETTING (Setting Permission), to be processed statistically and used for credit score calculations.
    • SMS (Izin SMS), untuk membaca kode verifikasi yang terkirim via SMS dan mempercepat proses pendaftaran.
      SMS (SMS Permission), to read the verification code sent via SMS and speed up the registration process.
  • Lebih lanjut, Kami dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang telah diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:
    Furthermore, we may use all or part of the data that has been obtained and collected from Users as mentioned in the previous section for the following purpose:
    • Membuat atau membantu dalam proses persetujuan Layanan
      Create or assist in the Service approval process
    • Memberikan informasi bagi pihak ketiga yang independen seperti badan pemerintah untuk proses pelaporan atau kewajiban administratif
      Providing information to independent third parties such as government agencies for reporting processes or administrative obligations
    • Melaksanakan segala kewajiban operasional, seperti mengawasi dan menganalisa Layanan serta melakukan fungsi audit.
      Carry out all operational obligations, such as supervising and analyzing the Services and carrying out audit functions
    • Berkorespondensi dengan Pengguna melalui surat elektronik, SMS, surat, panggilan telepon maupun kunjungan lapangan.
      Correspond with Users via electronic mail, SMS, letters, telephone calls or field visits
    • Bekerjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan pengolahan data yang meliputi perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, pengumuman, pengiriman, penyebarluasan, pengungkapan, penghapusan dan pemusnahan data pribadi;
      Collaborate with third parties to carry out data processing which includes obtaining, collecting, processing, analyzing, storing, displaying, announcing, sending, disseminating, disclosing, deleting and destroying personal data;
    • Untuk mengidentifikasi, mendeteksi serta mencegah penipuan, pencucian uang, terorisme dan kegiatan kejahatan lain; atau
      To identify, detect and prevent fraud, money laundering, terrorism and other criminal activities; or
    • Mencari tahu keberadaan Pengguna sebagai usaha untuk pemulihan utang Pengguna pada Kami.
      Finding out the User's whereabouts as an effort to recover the User's debt to Us
  • Penyimpanan Data. Kami berkomitmen untuk mengumpulkan, memproses dan menyimpan data pribadi Anda dengan perlindungan terbaik selama diperlukan untuk menyediakan Layanan ini. Sebagian data pribadi Anda dapat pula dikelola, diproses dan disimpan oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami baik di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia guna menjaga kinerja Layanan dengan tetap mematuhi kewajiban atas akses dan efektifitas pengawasan sesuai hukum yang berlaku. Kami akan menyimpan data pribadi sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini selama periode minimum 5 (lima tahun) dan/atau sesuai dengan hukum, peraturan yang berlaku, atau kebutuhan bisnis khusus. Data pribadi dapat disimpan untuk tujuan termasuk namun tidak terbatas pada pemeriksaan, kepatuhan terhadap regulasi, proses hukum, pencegahan fraud, penilaian kredit, dan pencegahan pencucian uang.
    Data Storage. We are committed to collecting, processing and storing your personal data with the best possible protection for as long as necessary to provide this Service. Some of your personal data may also be managed, processed and stored by third parties who collaborate with us both in Indonesia and outside Indonesia in order to maintain the performance of the Service while complying with obligations regarding access and effective supervision in accordance with applicable law. We will retain personal data as stated in this Privacy Policy for a minimum period of 5 (five years) and/or in accordance with applicable laws, regulations, or special business needs.Personal data may be retained for purposes including but not limited to auditing, regulatory compliance, legal processes, fraud prevention, credit assessment, and money laundering
  • Perbaikan Data. Dalam hal Anda menemukan terkait kekeliruan yang ditampilkan mengenai data pribadi Anda dikarenakan ketidakakuratan atau tidak dilakukan pembaharuan atas data pribadi Anda, maka Anda dapat meminta kepada Kami untuk memperbaiki dan atau memperbaharui data pribadi Anda yang berada dalam pengelolaan Kami, dengan menghubungi saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan Kebijakan Privasi ini. Pengguna dihimbau untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaharuan data Anda dari waktu ke waktu.
    Data Repair. In the event that you find that errors are displayed regarding your personal data due to inaccuracies or not updating your personal data, then you can ask us to correct and/or update your personal data which is under our management, by contacting the communication channels available based on this Privacy Policy. Users are encouraged to take an active role in ensuring the accuracy and updating of your data from time to time.
  • Penghapusan dan Pemusnahan Data. Sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku, atas permintaan/permohonan Anda, Kami dapat menghapus (right to erasure) dan/atau memusnahkan data pribadi Anda dari sistem (right to delisting) agar data tersebut tidak lagi mengidentifikasi Anda, kecuali dalam hal: (i) Apabila Kami perlu menyimpan data pribadi untuk memenuhi kewajiban hukum, pajak, audit, dan akuntansi,; dan/atau (ii) untuk keperluan pemusnahan data pribadi dari sistem (right to delisting), diperlukan penetapan pengadilan yang diajukan oleh Anda agar Kami dapat memusnahkan informasi maupun data pribadi Anda yang tidak relevan dari sistem.
    Erasure and Destruction of Data. In accordance with applicable legal regulations, at your request/request, We can delete (right to erasure) and/or destroy your personal data from the system (right to delisting) so that the data no longer identifies you, except in the case of: (i) If we need to retain personal data to fulfill legal, tax, audit and accounting obligations; and/or (ii) for the purposes of destroying personal data from the system (right to delisting), a court order is required by you so that we can destroy your irrelevant personal information and data from the system.
Informasi yang Dibagikan
Shared Information
Kami menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, penyebaran atau peminjaman data pribadi atau informasi Pengguna, tanpa ada izin dari Pengguna, dengan pengecualian kepada:
We guarantee that there will be no sale, transfer, distribution or loan of Users' personal data or information, without the permission of the User, with the exception of:
  • Kelompok usaha dan pihak terkait dengan Kami.
    Business groups and parties related to us.
  • Perusahaan, organisasi atau pihak yang Kami gunakan untuk membantu menjalankan bisnis, sebagai contoh untuk mengumpulkan pembayaran dan mengembalikan utang atau untuk menyediakan Layanan atas nama Kami.
    Companies, organizations or parties that We use to help run our business, for example to collect payments and recover debts or to provide Services on Our behalf.
  • Perusahaan, organisasi atau orang yang memberikan Kami atau Kami yang memberikan berupa produk dan/atau jasa, seperti sistem pembayaran yang Kami gunakan.
    The company, organization or person that provides us or we provide products and/or services, such as the payment system that we use.
  • Pihak yang mengungkapkan diri dan Kami yakini sebagai orang tua, pasangan, kerabat atau kuasa pengguna yang menerima surat kuasa dari pengguna.
    The party who reveals himself/herself and we believe to be the parent, spouse, relative or attorney of the User who receives a power of attorney from the User.
  • Pihak Ketiga kepada siapa Kami menjual atau mengalihkan (atau masuk ke dalam negosiasi untuk menjual atau mengalihkan) bisnis Kami beserta hak atau kewajiban Kami. Jika ketika pengalihan atau penjualan tersebut terjadi, yang menerima pengalihan atau pembeli dapat menggunakan informasi pribadi Pengguna dengan cara yang sama seperti Kami.
    Third Parties to whom We sell or transfer (or enter into negotiations to sell or transfer) Our business and Our rights or obligations. If when such a transfer or sale occurs, the recipient of the transfer or buyer can use the User's personal information in the same way as Us.
  • Instansi pemerintah, di antaranya Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan yang mana Kami diatur dalam peraturan dan perundang-undangan serta diwajibkan untuk memberikan informasi secara berkala, serta instansi lain sesuai hukum yang berlaku
    Government agencies, including Bank Indonesia, the Financial Services Authority and the Center for Financial Transaction Reports and Analysis, where we are regulated by regulations and legislation and are required to provide information periodically, as well as other agencies in accordance with applicable law
  • Pihak Ketiga yang dalam kebijaksanaan Kami dirasa baik untuk pengembangan atau perluasan Layanan melalui cara-cara yang diatur dan diizinkan oleh peraturan serta Undang-Undang Negara Republik Indonesia.
    Third parties that we deem appropriate in our discretion to develop or expand the Services through methods regulated and permitted by the regulations and laws of the Republic of Indonesia.
  • Kami melakukan seleksi yang hati-hati atas setiap pihak yang kepadanya Kami membagikan data. Semua penyedia Layanan terikat oleh kontrak untuk menjaga keamanan informasi pribadi Pengguna dan menggunakannya hanya sesuai diizinkan oleh Kami.
    We carefully select each party with whom we share data. All Service providers are bound by contract to maintain the security of Users' personal information and use it only as permitted by Us.
  • Kerahasiaan data pribadi Anda adalah hal yang terpenting bagi Kami. Kami akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan data pribadi Anda dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Namun, pengiriman data pribadi melalui Layanan tidak sepenuhnya aman. Walau Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data pribadi Anda, Anda mengakui bahwa Kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan data pribadi apa pun yang Anda kirimkan melalui Layanan, atau menjamin bahwa data pribadi tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Kami. Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan data pribadi Anda dan berada di luar kendali Kami, maka Kami akan memberitahukan kepada Anda pada kesempatan pertama sehingga Anda dapat mengurangi resiko yang timbul atas hal tersebut. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail data Anda, termasuk username, password, email maupun OTP dengan siapapun dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.
    The confidentiality of your personal data is the most important thing for us. We will use our best efforts to protect and secure your personal data from access, collection, processing, analysis, storage, disclosure, correction and deletion by unauthorized parties. However, the transmission of personal data through the Service is not completely secure. Although we will do our best to protect your personal data, you acknowledge that we cannot guarantee the integrity and accuracy of any personal data you transmit via the Service, or guarantee that such personal data will not be intercepted, accessed, disclosed, altered or destroyed by unauthorized third parties, due to factors beyond our control. In the event that illegal access and activities regarding the confidentiality of your personal data occur and are beyond our control, we will notify you at the first opportunity so that you can reduce the risks arising from this. You are responsible for maintaining the confidentiality of your detailed data, including username, password, email and OTP with anyone and must always maintain and be responsible for the security of the device you use.
  • Kebijakan Privasi ini dapat diubah dan/ atau diperbaharui dari waktu ke waktu. Kami menyarankan agar Anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan melakukan klik setuju, atau apabila Anda tetap mengakses dan menggunakan Layanan ini setelah pemberitahuan pembaharuan dari Kami, maka Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan atas Kebijakan Privasi ini (apabila ada)
    This Privacy Policy may be changed and/or updated from time to time. We recommend that you read carefully and check this page from time to time for any changes. By clicking agree, or if you continue to access and use this Service after notification of updates from us, you are deemed to have agreed to the changes to this Privacy Policy (if any)
Kebijakan Model Bisnis
Business Model Policy
KTA Mobile berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan cara yang etis dan sesuai dengan hukum. Kami memastikan bahwa model bisnis kami transparan, adil, dan mematuhi semua peraturan yang berlaku. Kami tidak terlibat dalam praktik bisnis yang tidak dapat diterima seperti:
KTA Mobile is committed to conducting business ethically and in compliance with the law. We ensure that our business model is transparent, fair, and adheres to all applicable regulations. We do not engage in unacceptable business practices such as:
  • Kegiatan ilegal atau penipuan.
    Illegal or fraudulent activities.
  • Pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual.
    Violation of copyright or intellectual property rights.
  • Eksploitasi pengguna melalui biaya tersembunyi atau informasi yang menyesatkan.
    Exploiting users through hidden fees or misleading information.
Kami berusaha untuk selalu melindungi kepentingan pengguna dan memastikan bahwa semua transaksi dilakukan dengan integritas dan transparansi penuh. Kebijakan ini ditinjau secara berkala untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan terbaru dan praktik terbaik industri.
We strive to always protect the interests of our users and ensure that all transactions are conducted with full integrity and transparency. This policy is regularly reviewed to ensure compliance with the latest regulations and industry best practices.