LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
3 Cara Cegah Kredit Macet yang Wajib Anda Ketahui

3 Cara Cegah Kredit Macet yang Wajib Anda Ketahui



Kredit macet yaitu kondisi debitur tidak bisa membayar cicilan perbulan yang telah disepakati. Hal ini bisa terjadi merupakan masalah yang sering terjadi pada sistem perkreditan. Ini juga berdampak negatif yang membuat Anda dikejar-kejar oleh pihak penyedia kredit bahkan jaminan yang Anda berikan bisa disita oleh pihak pemberian kredit. 


Apalagi saat ini, ada saja penyedia kredit yang berani memberikan kredit tanpa melakukan BI checking. Hal ini tidak jarang mengakibatkan seseorang memiliki kredit macet. Ketika seseorang sudah terkena kredit macet, kemungkinan peminjam tidak dapat membayar kredit sangat tinggi, akibatnya nasabah tidak akan berhenti ditelpon oleh para debt-collector. Maka dari itu bagaimana cara mengatasi kredit macet? yuk simak !


1. Gunakan Kredit sesuai dengan kemampuan Anda 

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu mengetahui kemampuan diri Anda sendiri, untuk nantinya membayar biaya kredit yang harus dibayarkan. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan nominal pinjaman yang akan Anda pinjam dan berapa pendapatan yang Anda dapatkan perbulannya. 


2. Hindari pinjaman konsumtif

Hal berikutnya yaitu menghindari melakukan pinjaman untuk hal konsumtif, Ada baiknya gunakanlah pinjaman untuk hal yang lebih produktif seperti membeli peralatan untuk usaha dan lain sebagainya. 


3. Membayar pinjaman tepat waktu 

Hal yang terakhir yaitu melakukan pembayaran cicilan atau kredit pada tepat waktu sesuai dengan jatuh tempo yang telah disepakati, kredit macet bisa terjadi juga karena Anda lupa tanggal jatuh tempo cicilan Anda untuk itu Anda harus melakukan pengingat di kalender ponsel Anda sebagai pengingat jatuh tempo. 
Pengajuan KTA OK Bank


Nah, itulah 3 tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kredit macet yang akan berdampak negatif juga pada skor kredit Anda. Adapun hal yang sangat penting untuk menekankan pada diri Anda sendiri untuk selalu bertanggung jawab atas pinjaman yang telah Anda ajukan.  


Jika saat ini Anda sedang mencari Pinjaman KTA online yang mudah dengan proses cepat Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman KTA online di OK KTA dari OK Bank yang sudah jelas berizin OJK dan memberikan plafon pinjaman tinggi, mulai dari 3 juta hingga 200 juta rupiah. Selain itu tenor yang disediakan panjang, mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun dan suku bunga kompetitif mulai dari 0,89% hingga 3,49% (tergantung penilaian). Bagi Anda yang berminat bisa melakukan pengajuan pinjaman dan dana akan dicairkan langsung ke rekening bank dalam waktu (1-5 hari kerja). 


Untuk Anda yang ingin melakukan pengajuan KTA online dari OK KTA bisa klik di sini


  

Artikel Finansial