LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
4 Cara Sisiihkan Uang Gaji Untuk Keperluan Modal Usaha

4 Cara Sisiihkan Uang Gaji Untuk Keperluan Modal Usaha

Menyisihkan pendapatan gaji bisa menjadi awal untuk memulai usaha. Bagi setiap pekerja yang ingin membangun usaha yaitu dengan menyisihkan gaji untuk modal usaha tersebut. Akan tetapi semua itu tidak semudah yang dibayangkan. 


Setiap bulanannya tentu ada saja godaan untuk menyisihkan sebagian gaji untuk keperluan modal usaha. Jangankan untuk modal usaha kadang kala untuk menabung saja sulit. Ini bisa disebabkan karena gaya hidup yang konsumtif  buat nongkrong di kafe, buat belanja barang-barang yang diinginkan lah, dan masih banyak lagi. Padahal kalau untuk menutupi kebutuhan pokok aja rasa-rasanya menyisihkan gaji bulanan bukan hal yang sulit.


Mengingat permasalahannya karena gaya hidup konsumtif, maka solusinya adalah dengan mengendalikan diri sendiri. Bagaimana caranya supaya modal usaha cepat terkumpul dari gaji bulanan? Yuk simak! 


1. Kurangi Nongkrong 

Yang pertama adalah mengurangi kebiasaan nongkrong. Cobalah untuk memangkas setiap pertemuan-pertemuan yang kira-kira bikin kamu ngeluarin duit banyak. Daripada nongkrong di kafe, mending ajak teman-temanmu main ke rumahmu, nongkrong jadi hemat deh!

Kalau saran ini terlalu sulit, bisa juga kamu beri batasan terhadap uang yang kamu keluarkan untuk sekali nongkrong. Misalnya sekali nongkrong cuma boleh keluar Rp 100.000-Rp 200.000, dan sebulan kamu cuma bisa nongkrong sebanyak empat kali.


2. Sisihkan Terlebih Dahulu 

Agar uang tersebut gak terpakai, Anda harus menyisihkannya terlebih dahulu, saat gaji baru turun. Kalau perlu buat rekening baru khusus uang modal, supaya terpisah dari rekening tabunganmu. Hal ini bisa menjadi langkah selanjutnya untuk Anda dapat mengumpulkan modal usaha.


3. Jangan Terlalu Banyak Hutang

Jika mau cepat modal usaha terkumpul, jauhkan kebiasaan ngutang. Menggunakan kartu kredit sampai membeli produk-produk mahal dengan cicilan masuk ke dalam kategori ngutang. Coba tahan dulu kebiasaan itu paling tidak sampai modalnya kekumpul.



Hutang mungkin akan memberikan kebahagiaan sesaat akan tetapi hal itu akan membuat Anda sengsara membayar setiap cicilannya dari barang yang tidak penting yang Anda beli.


4. Hindari Membeli Barang yang Mewah 

Hal berikutnya yaitu membeli barang yang mewah seperti membeli smartphone keluaran terbaru yang bukan kewajiban untuk Anda miliki jika smartphone yang Anda gunakan masih layak untuk digunakan. Untuk itu kebiasan seperti ini harus mulai dihindari agar dana tersebut bisa dialokasikan untuk modal usaha nantinya. 


Nah, itulah cara agar bisa menyisihkan gaji untuk keperluan modal usaha yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi tidak semua sesuai dengan apa yang Anda rencanakan berjalan dengan semestinya. Jika Anda sudah memiliki tabungan untuk modal usaha tetapi masih tidak cukup Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman KTA untuk mencukupi modal usaha Anda. Untuk itu Anda juga harus memilih pinjaman KTA cepat cair agar bisa langsung menjalankan usaha yang telah Anda rencanakan, Rekomendasi pengajuan KTA cepat cair salah satunya yaitu OK KTA dari OK bank. 


OK KTA memberikan plafon pinjaman tinggi, mulai dari 3 juta hingga 200 juta rupiah. Selain itu tenor yang disediakan panjang, mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun dan suku bunga kompetitif mulai dari 0,89% hingga 3,49% (tergantung penilaian). Bagi Anda yang berminat bisa melakukan pengajuan pinjaman dan dana akan dicairkan langsung ke rekening bank dalam waktu (1-5 hari kerja).
Untuk Anda yang ingin melakukan pengajuan KTA online dari OK!KTA bisa klik di sini



  

Artikel Finansial