LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
5 Keuntungan Gunakan Pinjaman Online Resmi Untuk Bantu Kemajuan Bisnismu

5 Keuntungan Gunakan Pinjaman Online Resmi Untuk Bantu Kemajuan Bisnismu

Dalam era digital seperti saat ini, teknologi terus berkembang dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Salah satu hal yang sangat membantu dalam mengembangkan bisnis adalah pinjaman online resmi. Pinjaman online resmi adalah pinjaman yang disalurkan melalui platform digital yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Berikut adalah beberapa keuntungan dari menggunakan pinjaman online resmi untuk membantu kemajuan bisnismu:

1. Meningkatkan cash flow

Cash flow adalah hal yang sangat penting dalam mengelola keuangan bisnis. Hal ini berkaitan dengan pemasukan dan pengeluaran dalam periode waktu tertentu. Pada dasarnya, cash flow mencatat berapa jumlah uang yang masuk dan keluar dalam sebuah laporan. Jika pemasukan lebih besar daripada pengeluaran, maka artinya cash flow bisnismu baik atau positif. Sebaliknya, jika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, maka cash flow bisnismu buruk atau negatif.


2. Menambah aset atau peremajaan aset

Pinjaman online bisa menjadi solusi untuk menambah aset bisnismu. Selain membeli aset yang dibutuhkan, kamu juga bisa memanfaatkan aset yang kamu beli untuk menghasilkan lebih banyak uang. Misalnya, dengan membeli mesin jahit untuk bisnis konveksi. Dalam contoh ini, kamu mengajukan pinjaman online sebesar Rp 20 juta untuk membeli 4 unit mesin jahit dengan tenor 12 bulan dan bunga 12% per bulan. Cicilan per bulan sekitar Rp 1,9 juta.


Dengan mesin jahit tersebut, kapasitas produksi meningkat dari 1.000 potong menjadi 7.000 potong baju per bulan atau 85,7%. Dampaknya, omzet bisnis kamu meningkat sebesar Rp 37 juta per bulan. Dalam hal ini, biaya operasional yang dibutuhkan setiap bulan adalah Rp 25 juta. Sehingga, keuntungan bisnismu sebesar Rp 12 juta. Setelah membayar cicilan utang Rp 1,9 juta, kamu masih memiliki keuntungan bersih sebesar Rp 10,1 juta. Dari keuntungan tersebut, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli aset baru guna pengembangan bisnis yang lebih besar atau meremajakan aset lama yang sudah tua dan rusak.


3. Menyelamatkan perusahaan dan karyawan

Banyak perusahaan mengalami kesulitan keuangan akibat pandemi COVID-19 dan kebijakan PPKM yang berdampak pada penjualan. Dalam situasi seperti ini, pinjaman online bisa menjadi solusi untuk memperoleh tambahan modal yang dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan bisnis. Pinjaman online juga bisa digunakan untuk membayar biaya operasional atau membayar gaji karyawan. 


Karyawan yang loyal dan telah berkontribusi dalam memajukan perusahaan tentunya harus dilindungi dari risiko PHK. Meskipun pinjaman online dapat memberikan tambahan modal yang diperlukan, penting untuk mempertimbangkan resiko nya, seperti bunga pinjaman dan rasio utang.






4. Ekspansi bisnis

Jangan biarkan modal atau kekurangan dana menghambat perkembangan bisnismu. Pinjaman online bisa menjadi solusi untuk keluar dari masalah tersebut. Dengan pinjaman online, kamu bisa mengepakkan sayap bisnis lebih tinggi dengan melakukan ekspansi seperti membuka cabang baru, merambah ekspor, maupun memulai go internasional. Melakukan ekspansi bisnis bisa membantu kamu lebih cepat menggarap pasar baru dibandingkan dengan kompetitor, dan bisnis pun dapat tumbuh pesat serta berpeluang mereguk keuntungan yang lebih besar.


5. Dana darurat bisnis

Bisnis dapat mengalami pasang surut, terkadang menghasilkan untung dan terkadang merugi. Oleh karena itu, penting untuk memiliki dana darurat yang dapat digunakan ketika bisnis mengalami kesulitan keuangan atau pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.


Dana darurat bisnis harus cukup untuk menutup pengeluaran selama 6-12 bulan. Jumlah dana yang diperlukan tergantung pada jenis bisnis dan biaya operasionalnya. Dana darurat dapat diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman online.


Nah, itulah  5 keuntungan pinjaman online resmi untuk kemajuan bisnismu. Bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman online bisa melakukan pinjaman di OK KTA. OK KTA dari OK bank salah satu layanan pinjaman online yang sudah berizinkan OJK dengan bunga yang kompetitif mulai dari 0,89% dengan plafon pinjaman mulai dari Rp 3 juta - Rp 200 juta dan juga memiliki tenor yang panjang mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun yang bisa memudahkan mu dalam memenuhi segala kebutuhan dan proses pencairannya yang cepat hanya 1 hari kerja.



  

Artikel Finansial