LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
5 Kunci Pengajuan Kredit Disetujui Oleh Pinjaman Online Resmi

5 Kunci Pengajuan Kredit Disetujui Oleh Pinjaman Online Resmi

Meningkatnya jumlah masyarakat yang membutuhkan bantuan pinjaman dana tunai membuat penyedia pinjaman online semakin berkembang di Indonesia. 


Namun di sisi lain, kemudahan mendapatkan dana dari pinjaman online justru bisa membahayakan konsumen jika salah memilih pinjaman online yang ilegal. Maraknya pinjaman online ilegal (pinjol ilegal) belakangan ini telah menimbulkan keresahan di masyarakat. Tak jarang, mereka yang terjebak menerima perlakuan tidak etis, bahkan teror saat ditagih pinjol ilegal.


Oleh karena itu, sebagai calon nasabah Anda harus berhati-hati dalam memilih perusahaan atau platform jasa pinjaman online. Anda harus memastikan terlebih dahulu tempat meminjam tersebut merupakan pinjaman online terpercaya, jangan sampai salah memilih karena bisa saja akan membuat kita rugi di kemudian hari.

Ciri-ciri pinjaman online terpercaya:.

  1. Terdaftar di OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga resmi negara yang bertugas untuk melakukan pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan terhadap seluruh kegiatan di sektor keuangan termasuk pinjaman online. Oleh karena itu Anda harus memastikan penyedia pinjaman yang akan dipilih sudah terdaftar di OJK.


  1. Memiliki Situs Resmi

Umumnya perusahaan pinjaman online terpercaya memiliki situs resmi. Tujuannya agar para nasabah bisa mengetahui produk pinjaman yang disediakan, dan mendapatkan informasi yang jelas dan transparan seperti suku bunga, tenor, alamat, dan informasi perusahaan lainnya.


  1. Memiliki Kantor dan Informasi Alamat yang Jelas.

Perusahaan bodong atau tidak resmi pun biasanya memiliki kantor. Namun, mereka akan menginformasikan alamat kantor yang tidak jelas kepada calon nasabahnya. Jika Anda menemukan perusahaan pinjaman online yang tidak mencantumkan alamat kantor pada website-nya, dapat diindikasikan bahwa perusahaan tersebut ilegal.


Sebab, perusahaan pinjaman online ilegal tidak memiliki identitas pengurus dan alamat kantor yang jelas. Sehingga ketika terjadi masalah para korban (nasabah) tidak bisa bertemu langsung dengan pengurus.


  1. Informasi dan Proses yang Transparan

Perusahaan pinjaman online terpercaya akan memberikan informasi suku bunga, tenor, biaya administrasi dan layanan pengaduan kepada para nasabahnya. Hal ini bertujuan agar para nasabah mengetahui hak dan kewajibannya. 


  1. Suku Bunga yang Wajar

Perusahaan pinjaman online yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menginformasikan suku bunga di awal kepada calon nasabahnya. Begitu pun besaran bunga yang akan ditanggung nasabah ditentukan oleh OJK yaitu 0,4 persen per hari. 


Apabila Anda menemukan perusahaan pinjaman online yang memberikan suku bunga yang tidak wajar atau melebihi ketentuan OJK disarankan untuk tidak melakukan pengajuan pinjaman. 


Setelah memilih perusahaan pinjaman online yang legal. Anda juga perlu mengetahui tips agar pengajuan pinjamannya disetujui. 


Cara pengajuan pinjaman online agar disetujui:

  1. Pahami dan Ikuti Ketentuan Berlaku.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membaca, memahami, dan mengikuti persyaratan yang ditentukan. Kemudian lengkapi persyaratannya tanpa ada satu poin pun yang terlewatkan. Jika ada satu hal yang terlewat, bukan tidak mungkin pengajuan pinjaman akan langsung ditolak.


  1. Lengkapi Data.



Calon debitur harus mengisi data diri sebagai salah satu persyaratan. Usahakan untuk mengisi semua data diri dan data lainnya dengan benar. Jangan sampai ada yang terlewatkan, yang bisa berpotensi menyebabkan pengajuan ditolak.


  1. Riwayat Kredit 

Pihak pinjaman online akan memeriksa riwayat kredit calon debitur di bank maupun lembaga keuangan lain. Jika saat melakukan pinjaman di bank tidak pernah melakukan kesalahan, besar kemungkinan pengajuan pinjaman online kalian akan langsung disetujui.


  1. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Pihak pinjaman online, pasti akan melakukan penilaian terkait kemampuan calon debitur dalam membayar cicilan. Sehingga untuk menghindarkan resiko gagal bayar. Calon debitur yang kebetulan punya penghasilan Rp 5 juta per bulan, lalu ingin langsung mengajukan pinjaman Rp 500 juta kemungkinan besar, pinjaman akan langsung ditolak.


Sebab, jika dipikir logika, jumlah sebesar itu tidak akan mudah bagi calon debitur untuk membayar angsuran nantinya. 


  1. Pilih Tenor Pinjaman.

Supaya pengajuan pinjaman online disetujui, calon debitur pun harus dengan teliti menentukan tenor pinjaman. Pilihlah tenor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.


Itu lah 5 tips yang perlu dilakukan agar pengajuan kredit aAnda disetujui. Pastikan juga memilih perusahaan pinjaman online terpercaya. Salah satu perusahaan pinjaman online yang aman dan semakin populer di kalangan masyarakat adalah OK Bank.


OK Bank memiliki keunggulan suku bunga kompetitif mulai dari 0,89%. Plafon yang disediakan juga cukup besar mulai dari 3-200 juta rupiah dengan tenor panjang hingga 5 tahun.


Untuk mengajukan KTA OK Bank ini Anda hanya perlu mempersiapkan persyaratan berikut :

  • Usia minimal 21 tahun sampai 55 tahun dan Warga Negara Indonesia.

  • Memiliki rekening bank.

  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan.

  • Alamat KTP atau berdomisili di Jabodetabek.


Dengan persyaratan pengajuan yang mudah tersebut, suku bunga yang kompetitif, plafon besar, dan tenor panjang inilah yang membuat OK Bank semakin populer di kalangan masyarakat.


  

Artikel Finansial