LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
Catat! 5 Perbedaan Pinjaman Online Dengan Pinjaman Bank

Catat! 5 Perbedaan Pinjaman Online Dengan Pinjaman Bank

Pinjaman adalah salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan keuangan yang mendesak. Ada dua jenis pinjaman yang bisa Anda pilih, yaitu pinjaman bank dan pinjaman online. Kedua jenis pinjaman ini memiliki perbedaan yang signifikan, baik dalam proses pengajuan, bunga pinjaman, maupun jaminan. 


Berikut adalah 5 perbedaan pinjaman online dengan pinjaman bank:


1. Proses Pengajuan

Proses pengajuan pinjaman bank memerlukan banyak waktu dan dokumen yang harus disiapkan. Anda harus mengantri untuk membuat aplikasi dan memproses dokumen, serta harus datang ke bank untuk menandatangani kontrak. Sementara itu, proses pengajuan pinjaman online bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi mobile atau website.


2. Jaminan

Pinjaman bank biasanya memerlukan jaminan seperti rumah atau mobil, sedangkan pinjaman online biasanya tidak memerlukan jaminan. Pinjaman online biasanya hanya memerlukan data diri dan informasi keuangan seperti pendapatan dan pengeluaran bulanan.


3. Bunga Pinjaman

Bunga pinjaman bank lebih rendah dibandingkan pinjaman online. Hal ini disebabkan oleh faktor jaminan yang diberikan dan regulasi yang lebih ketat dari pemerintah. Sementara itu, bunga pinjaman online biasanya lebih tinggi dibandingkan bank, tetapi proses pengajuan yang lebih mudah dan cepat membuat pinjaman online menjadi pilihan yang lebih baik bagi beberapa orang.


4. Limit Pinjaman

Pinjaman bank biasanya memiliki limit pinjaman yang lebih tinggi dibandingkan pinjaman online. Limit pinjaman online biasanya berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 10 juta, sementara limit pinjaman bank bisa mencapai jutaan rupiah.




5. Waktu Proses

Waktu proses pinjaman bank memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan pinjaman online. Proses pengajuan pinjaman bank bisa memakan waktu hingga beberapa hari atau minggu, sementara proses pengajuan pinjaman online bisa selesai dalam beberapa menit saja.

Kesimpulan

Pinjaman online dan pinjaman bank memiliki perbedaan dalam beberapa hal seperti proses pengajuan, bunga pinjaman, jaminan, limit pinjaman, dan waktu proses. Pinjaman bank membutuhkan jaminan dan proses pengajuan yang lebih rumit, tetapi memiliki bunga yang lebih rendah dan limit pinjaman yang lebih tinggi. Sementara itu, pinjaman online memiliki proses pengajuan yang lebih mudah dan cepat, tetapi bunga yang lebih tinggi dan limit pinjaman yang lebih rendah. Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan situasi keuangan sebelum memilih jenis pinjaman yang tepat.

Nah, itulah 5 perbedaan pinjaman online dengan pinjaman bank yang harus Anda tahu. Bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman online bisa melakukan pinjaman di OK KTA. Dengan OK KTA yang didukung oleh  OJK dan BI, OK Bank dapat menawarkan layanan pinjaman yang aman dan terpercaya. Proses pinjamannya yang mudah dan cepat, 1 hari cair + limit pinjaman 200 juta sehingga pelanggan dapat memperoleh dana tambahan dengan cepat tanpa harus khawatir.



  

Artikel Finansial