Ingin Renovasi Rumah Tapi Terkendala Budget? Yuk, Ikuti 4 Langkah Ini

Rumah yang sudah ditempati selama bertahun-tahun mungkin membuat Anda merasa bosan karena tampilannya mungkin juga sudah ketinggalan jaman. Solusinya tentu saja dengan melakukan perubahan dari sisi tampilannya. 


Sayangnya, tindakan ini memerlukan waktu serta biaya renovasi rumah yang tidak sedikit, tapi tenang ada ide renovasi yang murah meriah yang bisa Anda lakukan. Jangan biarkan biaya menjadi penghalang untuk mewujudkan hunian impian. Dengan kreativitas yang Anda miliki, merenovasi rumah bisa saja dilakukan meski dengan keterbatasan biaya.


1. Cat Ulang Rumah

Merenovasi rumah bukan berarti harus mengubah struktur bangunan. Anda bisa mengganti cat rumah dengan warna-warna dasar seperti putih. Meskipun masing-masing perabotan atau furniture yang ada memiliki warna yang berbeda-beda, dinding rumah berwarna putih lebih mudah matching dan akan membuat suasana rumah Anda tampak lebih sejuk.



2. Hiasan Dinding

Anda bisa menambahkan hiasan dinding yang berisi tulisan-tulisan menarik kesukaan Anda. Tujuannya untuk mengisi kekosongan dinding rumah, seperti di area kamar atau dapur. Jika tidak terlalu suka dengan quotes Anda bisa menggantinya dengan karya seni lain seperti lukisan. Membeli lukisan di tempat loak tidak masalah yang penting ukurannya cocok tidak kebesaran dengan space tembok rumah Anda.



3. Ganti Pencahayaan

Selain menata ulang warna atau desain ruangan, Anda juga perlu mengatur pencahayaan. Pasalnya, pencahayaan sangat penting untuk memaksimalkan warna cat dinding sekaligus membuat suasana menjadi lebih segar. Anda bisa bereksperimen dengan memadukan jenis lampu untuk kebutuhan masing-masing ruangan. Misalnya lampu gantung untuk area ruang tamu atau ruang utama agar memberikan kesan lebih elegan. Lalu ada lampu LED Strip untuk kamar tidur yang bisa menciptakan ketenangan, kehangatan, dan suasana romantis.


4. Tambahkan Tanaman Indoor.

Apabila suasana rumah terlihat suram, Anda bisa menambahkan tanaman hias. Kehadiran tanaman hias di rumah mampu mempercantik ruangan, meningkatkan kualitas udara dalam rumah dan bisa membunuh virus atau bakteri. Tanaman pakis boston ini dianggap sebagai salah satu air-purifying terbaik karena tak hanya membantu membersihkan rumah dari virus tapi juga mampu meningkatkan kelembapan udara secara alami.


Penjabaran tips tersebut bisa Anda lakukan dan tidak akan memakan biaya yang besar lho. Namun, apabila uang tabungan yang dimiliki tidak cukup serta ada masalah pada bangunan rumah yang harus diperbaiki dengan segera Anda bisa menggunakan solusi alternatif dengan layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk mendapatkan suntikan dana cepat. 


Kita semua tahu rumah merupakan kebutuhan primer yang semua orang butuhkan. Dengan rumah yang nyaman tentunya bisa membuat hidup Anda dan keluarga terasa lebih nyaman dan hangat, bukan?


Pinjaman KTA Online ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat rumah kembali nyaman untuk ditempati. 


Melalui KTA OK Bank Anda bisa mendapatkan suntikan dana hingga 200 juta rupiah dengan tenor maksimal 5 tahun. Berikut ini adalah keunggulan dari OK Bank KTA:

  • Suku bunga kompetitif mulai dari 0,89% hingga 3,49% (tergantung penilaian).

  • Plafon pinjaman tinggi, mulai dari 3 juta hingga 200 juta rupiah.

  • Tenor pinjaman panjang, mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun.

  • Pinjaman fleksibel untuk modal kerja, investasi, dan konsumtif

  • Biaya admin hanya 4% dari nominal pencairan yang telah disetujui


Persyaratan pinjaman KTA online OK Bank yang perlu disiapkan untuk mengajukan pinjaman.

  • Mempunyai e-KTP

  • Berusia 21 sampai 55 tahun

  • Memiliki rekening bank

  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan

  • Alamat KTP atau berdomisili dalam area layanan kami

  • Melampirkan NPWP (pinjaman di atas 50 juta)

  • Slip gaji dan Surat Keterangan Kerja (Karyawan)

  • Mutasi Rekening dan Dokumen Legalitas Usaha (Wiraswasta)


Nah, jika semua dokumen persyaratan di atas sudah disiapkan, Anda bisa segera memulai proses pengajuan pinjaman untuk renovasi rumah. Terapkan saja beberapa teknik di atas tadi yang sesuai dengan keadaan dan kondisi Anda. Dengan menerapkan teknik di atas maka Anda akan mampu merenovasi rumah sesuai dengan apa yang Anda harapkan.