Jangan Sampai Tertipu, Ini 6 Ciri Pinjaman Legal dan Ilegal

Praktik pinjaman online (pinjol) ilegal masih saja ada tengah di masyarakat. Terlebih lagi di daerah Jabodetabek tidak sedikit masyarakat yang terjerat modus penipuan dari praktik pinjaman online ilegal ini.

Kasus penipuan pinjaman online ilegal ini terjadi akibat kurangnya literasi dan pemahaman masyarakat. Karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui ciri-ciri pinjaman online ilegal dan legal.  Ciri pinjaman online terbaik biasanya menawarkan bunga pinjaman rendah yang wajar dan sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi bagi masyarakat yang tertarik untuk menggunakan jasa ini wajib melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Setelah melakukan pengecekan, ada hal penting lain yang perlu dilakukan yaitu merencanakan pengajuan pinjaman dengan matang, seperti memilih nominal pinjaman dan tenor disesuaikan dengan pendapatan bulanan.

Batas aman pembayaran cicilan yang disarankan sekitar 20-30% dari total pendapatan per bulan. Batasan ini dibuat agar masih ada sisa uang untuk mencukupi kebutuhan lainnya, termasuk menabung. Apabila total cicilannya di atas persentase tersebut, sebaiknya dihindari agar tidak terjadi kredit macet yang berdampak buruk pada BI Checking atau Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).


Ciri pinjaman online terpercaya. 

1. Terdaftar di OJK.

Memiliki izin serta diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi syarat mutlak perusahaan pinjaman online bisa dikatakan legal.


2. Bunga atau biaya pinjaman transparan. 

Pinjol resmi biasanya akan menyampaikan semua informasi diawal kepada calon debitur terkait bunga, biaya, tenor atau masa pinjaman.


3. Situs Resmi.

Situs resmi menunjukkan bahwa perusahaan pinjaman online serius dalam beroperasi dan memudahkan nasabahnya untuk mendapatkan informasi.


4. Alamat kantor jelas.

Keberadaan alamat kantor yang jelas tentunya dapat mempermudah nasabah jika ada hal yang perlu disampaikan kepada perwakilan perusahaan pinjaman online secara langsung.


5. Proses pencairan dana cepat.

Perusahaan pinjaman online terpercaya biasanya menetapkan beberapa syarat, seperti KTP, foto selfie, nomor rekening, dan kontak darurat. Setelah memenuhi persyaratan tersebut proses pengajuannya akan berjalan lancar dan dana bisa cair dengan cepat ke rekening nasabah.


Itulah 6 kriteria penyedia pinjaman online terbaik dan resmi beroperasi di Indonesia. Bagi kalian yang ingin mengajukan pinjaman wajib memperhatikan hal-hal tersebut. Salah satu contoh penyedia pinjaman online yang sudah dipastikan aman diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah OK Bank.


Selain resmi beroperasi OK Bank menawarkan limit kredit mulai dari 3 juta rupiah sampai 200 juta rupiah. Tenor yang disediakan untuk nasabah juga panjang mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun. Hal lain yang menarik dari OK Bank dapat memberikan suku bunga yang kompetitif hanya 0,89% maksimal 3,49% (tergantung penilaian). 


Layanan KTA OK Bank dapat diajukan melalui website https://kta.okbank.co.id/id. Bagi calon debitur yang tertarik bisa melengkapi persyaratan ini terlebih dahulu :

  • Mempunyai e-KTP

  • Berusia 21 sampai 55 tahun

  • Memiliki rekening bank

  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan

  • Alamat KTP atau berdomisili dalam area layanan kami

  • Melampirkan NPWP (pinjaman di atas 50 juta)

  • Slip gaji dan Surat Keterangan Kerja (Karyawan)

  • Mutasi Rekening dan Dokumen Legalitas Usaha (Wiraswasta)

Jika data tersebut sudah disediakan kalian bisa langsung melakukan pengajuan KTA secara online. Tidak perlu khawatir terjebak penipuan pinjaman online karena dipastikan OK Bank aman beroperasi dan salah satu penyedia pinjaman online terbaik. Bisa dilihat dari 6 ciri-ciri di atas semua ada di OK Bank. Persyaratan untuk menjadi nasabah OK Bank pun cukup mudah dengan pilihan plafon tinggi dan tenor yang panjang.