LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
Kreatif! 6 Ide Dekorasi Rumah Untuk Menyambut Imlek

Kreatif! 6 Ide Dekorasi Rumah Untuk Menyambut Imlek

Tahun baru Imlek merupakan momen istimewa bagi masyarakat Tionghoa yang dirayakan dengan penuh kegembiraan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Perayaan ini dirayakan setiap tahun berdasarkan penanggalan lunar China.


Ada banyak tradisi dan ritual yang dilakukan untuk menyambut Imlek. Perayaan ini biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama, dan saling bertukar angpao. 


Selain itu, banyak orang juga menghias rumah mereka dengan dekorasi khas Imlek untuk menyambut tahun baru yang penuh keberuntungan. Dekorasi rumah yang semarak dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan di tahun yang baru. 


Dekorasi rumah untuk menyambut Imlek biasanya didominasi warna merah dan emas. Tahun baru Imlek 2024 sudah di depan mata. Bagi kamu yang merayakan Imlek, tentu ingin menyambutnya dengan suka cita dan meriah bukan? 


Berikut ini ada beberapa ide dekorasi rumah untuk menambah kemeriahan perayaan Imlek yang bisa kamu jadikan inspirasi:


1. Lampion merah


1


Lampion merah merupakan salah satu dekorasi Imlek yang paling populer. Lampion biasanya berwarna merah dan dihiasi dengan gambar-gambar atau tulisan-tulisan khas Imlek.


Kamu bisa menggantung lampion di pintu masuk rumah, jendela, atau di langit-langit. Sebab, lampion dipercaya dapat mengusir roh-roh jahat dan mengundang keberuntungan.


2. Bunga yang mekar


2


Bunga yang mekar melambangkan awal yang baru dan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Untuk menciptakan nuansa Imlek yang ceria, kamu bisa menambahkan bunga yang mekar di dalam rumah.


Bunga yang sering digunakan untuk dekorasi Imlek antara lain bunga anggrek, bunga peony, dan bunga persik. Kamu bisa meletakkan bunga mekar dalam vas di atas meja, di sudut ruangan, atau di dekat pintu masuk.


3. Kuplet pintu


3


Dekorasi rumah yang tak boleh ketinggalan selanjutnya yaitu kuplet pintu yang terbuat dari kertas atau kain berwarna merah. Kuplet pintu merupakan tulisan yang ditempel di pintu depan rumah. 


Kuplet pintu biasanya berisi tulisan harapan atau pernyataan baik, seperti "Semoga tahun ini penuh dengan kebahagiaan dan kemakmuran". Kamu bisa menuliskan harapan yang diinginkan dengan tinta berwarna hitam atau emas.


4. Karakter Fu terbalik


4


Seperti halnya kuplet, orang Tionghoa biasanya menempel karakter Fu secara terbalik sebagai ornamen tahun baru Imlek di pintu atau atas pintu sebagai simbol keberuntungan. 




Bagi masyarakat Tionghoa, pemasangan karakter Fu secara terbalik ini memiliki makna tersendiri. Karakter Fu dibalik secara sengaja karena "Fu" berarti nasib baik, di mana dengan dibaliknya karakter tersebut diharapkan nasib baik akan mengalir ke dalam rumah.


5. Pohon kumquat


5


Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, pohon kumquat adalah tanaman yang dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran.


Saat tahun baru Imlek tiba, pohon kumquat biasanya ditanam di dalam pot dan dipajang di rumah. Kamu bisa memajang pohon ini di dalam rumah atau di halaman rumah.


6. Lukisan tahun baru


6


Dekorasi Imlek selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah lukisan tahun baru yang menggambarkan suasana perayaan tahun baru Imlek.


Lukisan tahun baru biasanya menggambarkan keluarga yang berkumpul bersama, dekorasi Imlek, atau binatang-binatang yang melambangkan keberuntungan. Lukisan ini bisa kamu gantung di dinding atau di pintu.


Itulah 6 ide dekorasi rumah menyambut Imlek. Dengan dekorasi yang tepat, rumah akan terasa lebih semarak dan penuh keberuntungan di tahun baru Imlek.


Mendekorasi rumah dengan berbagai ornamen Imlek tentunya membutuhkan dana yang cukup. Jika tidak memiliki cukup dana, kamu bisa mengajukan OK KTA dari OK Bank. 


OK KTA adalah pinjaman online tanpa agunan dari OK Bank yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Pinjaman ini menawarkan suku bunga kompetitif mulai dari 0,79% per bulan dengan plafon hingga Rp 300 juta yang bisa kamu cicil dalam jangka waktu 6 bulan hingga 5 tahun.


Hanya dalam waktu 2 menit untuk pengajuan pinjaman, kamu bisa mendapatkan dana pinjaman yang langsung cair dalam 1 hari. Untuk mengajukan KTA OK Bank, berikut beberapa persyaratan yang harus dilengkapi:


  • Usia minimal 21 tahun sampai 55 tahun dan Warga Negara Indonesia.

  • Memiliki rekening bank.

  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan.

  • Alamat KTP atau berdomisili di Jabodetabek dan Karawang.


Temukan semua informasi yang kamu butuhkan tentang OK KTA dari OK Bank di halaman ini.



  

Artikel Finansial