LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
Tips Menentukan Tenor Pinjaman KTA Agar Tidak Menyesal Di Kemudian Hari

Tips Menentukan Tenor Pinjaman KTA Agar Tidak Menyesal Di Kemudian Hari



KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah jenis kredit yang ditawarkan oleh perbankan di mana nasabah tidak perlu menyediakan agunan (jaminan) untuk mendapatkan dana pinjaman. 


Tentunya masing-masing bank akan menawarkan KTA dengan tingkat bunga yang beragam, biaya serta jumlah pinjaman yang berbeda, dan tenor pinjaman pun juga akan berbeda. 


Tenor pinjaman merupakan durasi atau waktu yang disepakati oleh kedua belah pihak antara bank dengan debitur (peminjam) untuk melakukan pelunasan terhadap suatu pinjaman. Tenor  merupakan salah satu instrumen penting yang perlu dicermati dengan baik agar nantinya debitur tidak mengalami kendala wanprestasi.


Maka dari itu Anda perlu berhati-hati dalam menentukan tenor pinjaman. Sebagai debitur Anda harus mempertimbangkan kemampuan finansial, plafon pinjaman (besaran dana) yang hendak diajukan, dan tingkat suku bunga. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.


1. Kenali Prioritas Kebutuhan 

Pertimbangkan terlebih dahulu terhadap skala prioritas kebutuhan yang aAnda miliki. Jika ingin mengajukan pinjaman dana untuk keperluan yang sangat mendesak, serta tidak memiliki simpanan atau tabungan yang cukup untuk memenuhinya, maka Anda memang benar-benar membutuhkan pinjaman dana.


2. Memilih Layanan Pengajuan Kredit

Saat Anda sudah mempertimbangkan untuk melakukan peminjaman dana, hal yang selanjutnya perlu dilakukan adalah memilih layanan pengajuan kredit. Pilihlah perusahaan pinjaman online yang terpercaya dan berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


3. Pilih Tenor yang Sesuai Dengan Kemampuan Finansial

Jika aAnda memilih pengajuan dana pinjaman yang relatif kecil dengan status finansial yang baik, aAnda dapat memilih tenor pinjaman jangka pendek agar tidak terbebani oleh tingkat suku bunga yang akan semakin bertambah tiap bulannya.


Namun, jika kondisi finansial aAnda belum mampu untuk menggunakan tenor pinjaman jangka pendek, sebaiknya Anda memilih KTA online tenor panjang dengan suku bunga yang kompetitif agar beban cicilan per bulannya tidak terlalu membebani.
Pengajuan KTA OK Bank


Salah satu perbankan yang direkomendasikan ialah OK Bank. Fasilitas KTA OK Bank semakin terkenal dan menjadi primadona masyarakat Indonesia karena mampu memberikan suku bunga kompetitif mulai dari 0,89%. Plafon yang disediakan juga cukup besar mulai dari 3-200 juta rupiah dengan KTA online tenor panjang hingga 5 tahun.


Untuk mengajukan KTA OK Bank ini Anda hanya perlu mempersiapkan persyaratan berikut :


  • Usia minimal 21 tahun sampai 55 tahun dan Warga Negara Indonesia.

  • Memiliki rekening bank.

  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan.

  • Alamat KTP atau berdomisili di Jabodetabek.


Jika Anda merasa KTA OK Bank sangat cocok dengan kemampuan finansial saat ini, Anda dapat mengajukan pinjaman di sini. OK Bank merupakan perbankan yang resmi beroperasi karena di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).



  

Artikel Finansial