LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
Wajib Tahu! 10 Cara Cepat Agar Anda Dapat Pinjaman Uang untuk Modal Usaha

Wajib Tahu! 10 Cara Cepat Agar Anda Dapat Pinjaman Uang untuk Modal Usaha



Modal usaha merupakan salah satu faktor penting dalam memulai atau mengembangkan bisnis. Tanpa modal usaha yang cukup, bisnis akan sulit untuk berjalan dan berkembang. 


Meskipun tidak semua orang memiliki modal usaha, ada banyak cara untuk mendapatkannya. Salah satunya dengan mengajukan pinjaman uang dari lembaga keuangan seperti bank, lembaga keuangan non-bank, atau koperasi. 


Kamu perlu mempersiapkan beberapa hal agar pengajuan pinjaman uang cepat disetujui. Berikut ini 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pinjaman uang sebagai modal mengembangkan bisnis:


  1. Mempertimbangkan Kemampuan Membayar

Sebelum mengajukan pinjaman uang, hal paling mendasar yang harus kamu lakukan yaitu mempertimbangkan kemampuan untuk membayar kembali pinjaman tersebut. Pastikan kamu memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar cicilan pinjaman agar nantinya tidak menjadi beban finansial.


  1. Memeriksa Riwayat Kredit

Lembaga keuangan akan melihat riwayat kamu dalam hal pembayaran utang. Jika memiliki riwayat yang baik, maka peluang pinjaman Anda untuk disetujui akan semakin besar.


Perlu kamu ketahui bahwa riwayat kredit setiap orang dapat diakses oleh lembaga keuangan melalui BI Checking. Riwayat kredit ini menunjukkan apakah seseorang memiliki riwayat kredit yang baik atau buruk.


Semakin baik riwayat kredit kami, semakin cepat pengajuan pinjaman uang akan diproses. Jika kamu memiliki riwayat kredit yang buruk, maka akan sulit mendapatkan pinjaman uang dari lembaga keuangan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga riwayat kredit tetap baik.


  1. Memiliki Kemampuan Membayar

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu sudah memperhitungkan kemampuan untuk membayar cicilan. Pastikan juga kamu memiliki cukup dana cadangan untuk menghadapi kemungkinan risiko bisnis yang merugikan, sehingga cicilan akan tetap bisa terbayarkan tepat waktu.


  1. Memilih Lembaga Keuangan yang Legal

Ada banyak lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman uang untuk modal usaha. Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu untuk memilih lembaga keuangan yang tepat dan pastinya legal.


Perhatikan juga suku bunga pinjaman, tenor pinjaman, dan persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga keuangan tersebut. Pastikan bahwa lembaga keuangan yang kamu pilih terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari penipuan atau tindak kejahatan lainnya.


  1. Memilih Jenis Pinjaman

Ada berbagai jenis pinjaman uang yang bisa kamu ajukan, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Modal Kerja (KMK), dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Pahami syarat dan ketentuannya agar kamu bisa mengajukan pinjaman uang dengan tepat. 


Setiap jenis pinjaman juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan jenis pinjaman yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.


  1. Memenuhi Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Persyaratan pinjaman uang yang mudah dengan proses cepat terkadang membuat beberapa orang terlena dan tidak mempersiapkan persyaratan dengan baik. Padahal, hal ini dapat berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya pencairan pinjaman uang.


Setelah menentukan perusahaan pinjaman uang, kamu harus segera memeriksa semua persyaratan yang diperlukan. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan umum, seperti dokumen pendukung, batasan usia, dan kewarganegaraan.



Pengajuan KTA OK Bank

  1. Mempersiapkan Dokumen Pendukung

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan. Dokumen yang umum dibutuhkan dalam proses pinjaman uang adalah KTP, KK, NPWP, slip gaji, dan sebagainya. 


Dokumen-dokumen tersebut akan menjadi bahan pertimbangan lembaga keuangan untuk menilai kelayakan pinjaman uang yang kamu ajukan. Namun, perlu diingat bahwa setiap bank memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda dalam memberikan pinjaman uang.


  1. Memiliki Aset yang Bisa Dijadikan Jaminan

Pastikan kamu memiliki aset yang bisa dijadikan jaminan. Sebab, beberapa lembaga keuangan biasanya akan meminta jaminan untuk bisa mengajukan pinjaman modal usaha dalam jumlah besar. Jaminan bisa berupa aset, seperti surat rumah, tanah, atau kendaraan.


  1. Membuat Proposal Bisnis yang Menarik

Jika mengajukan pinjaman ke bank, kamu perlu membuat proposal bisnis yang menarik. Proposal bisnis ini harus menjelaskan secara rinci tentang ide bisnis, target pasar, dan rencana pengembangan usaha.


Proposal bisnis yang menarik akan membantu meyakinkan bank bahwa bisnis kamu memiliki prospek yang baik dan memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan. Dengan begitu, pihak bank akan bisa mengukur kemampuan kamu dalam membayar angsuran pinjaman.


  1. Membayar Pinjaman Tepat Waktu

Jangan lewatkan jatuh tempo pembayaran pinjaman uang yang telah kamu dapatkan. Pembayaran tepat waktu penting untuk menjaga riwayat kredit tetap baik agar lebih mudah dan lancar saat akan mengajukan pinjaman di masa depan.


Dengan mengikuti 10 tips di atas, kamu dapat meningkatkan peluang persetujuan pinjaman uang untuk modal usaha. Jika kamu membutuhkan pinjaman dana online resmi dalam jumlah besar untuk keperluan modal usaha, OK KTA dari OK Bank bisa menjadi solusinya. 


OK Bank merupakan layanan pinjaman online yang sudah berizin dan terpercaya dari OJK dengan bunga yang kompetitif mulai dari 0,89% dengan plafon pinjaman mulai dari Rp 3 juta - Rp 200 juta dan juga memiliki tenor yang  panjang mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun yang bisa memudahkan kamu untuk memenuhi segala kebutuhan.  


Proses pinjaman hanya 2 menit dan bisa langsung cair dalam 1 hari, sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika berada dalam keadaan mendesak. Ada banyak manfaat yang bisa kamu terima saat melakukan pinjaman di OK Bank. Untuk mengajukan KTA OK Bank ini, kamu hanya perlu mempersiapkan persyaratan berikut:


  • Usia minimal 21 tahun sampai 55 tahun dan Warga Negara Indonesia.

  • Memiliki rekening bank.

  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan.

  • Alamat KTP atau berdomisili di Jabodetabek, Karawang, Bandung, dan Surabaya.


Klik halaman ini untuk mendapatkan semua informasi lengkap terkait OK KTA.


  

Artikel Finansial