4 Tips Jitu Agar Pengajuan Pinjaman ke Bank Mudah Disetujui

Mengajukan pinjaman ke bank saat ini sudah semakin mudah dan praktis. Tidak perlu repot-repot datang ke bank untuk mengantri dan membawa berbagai persyaratan dokumen. Saat ini pengajuan pinjaman bisa dilakukan secara online. 


Salah satu fasilitas kredit perbankan yang semakin diminati dari tahun ke tahun adalah Kredit Tanpa Jaminan (KTA). Pinjaman KTA online merupakan salah satu produk layanan yang dibutuhkan dan dicari semua orang. Dengan keunggulan serta kemudahannya. Dimulai dari persyaratannya yang mudah tidak membutuhkan jaminan untuk mengajukan kredit. Hal ini yang membuat masyarakat tertarik dan berminat pengajuan KTA sebagai jalan solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka. 


Tetapi perlu diingat, meskipun perbankan memberikan fasilitas pinjaman dengan persyaratan yang mudah, pihak bank tentunya tidak akan mau mengambil risiko memberikan pinjaman dana kepada nasabah jika dinilai tidak sanggup untuk melunasinya. Maka dari itu sebelum menggunakan fasilitas pinjaman KTA online ini Anda perlu mengetahui 4 tips sebelum mengajukan pinjaman ke bank.


1. Memilih Plafon

Nominal pinjaman yang Anda pilih harus sesuai dengan kapasitas. Semisal, Anda memiliki penghasilan Rp 5 juta setiap bulannya, namun saat mengajukan pinjaman dana, Anda mengajukan pinjaman senilai Rp 500 juta untuk modal berbisnis. Melihat penghasilan Anda yang hanya Rp 5 juta, rasanya bank sulit memberikan pinjaman dana yang Anda ajukan, karena kemungkinan besar Anda sulit untuk membayar angsurannya.


2. Tenor Pinjaman

Untuk menentukan tenor pinjaman KTA online ini, sebaiknya Anda memperhitungkan terlebih dahulu jumlah maksimal uang yang dapat Anda sisihkan setiap bulannya. Buat perencanaannya dengan cermat sehingga Anda dapat menentukan tenor pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda membayar. 


3. Bersikap Jujur Dalam Pengajuan KTA (Tidak Memalsuan Data)

Jangan pernah memalsukan data untuk pengajuan pinjaman. Proses verifikasi dengan dokumen palsu justru akan membuat Anda berpotensi berujung ke penjara. Jangan pernah berbohong untuk mendapatkan persetujuan pinjaman dari bank maupun pinjaman online.


4. BI checking atau SLIK Baik

Skor dari BI checking bisa menentukan persetujuan kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Apabila memiliki cicilan kredit atau utang yang tertunggak disarankan untuk segera dilunasi. Sebab di bank manapun Anda mengajukan kredit, dijamin tak akan mendapat persetujuan jika skor atau kualitas catatan kredit Anda masih buruk.


Setelah 4 hal penting tersebut sudah diperhatikan, Anda bisa memilih perbankan yang menyediakan fasilitas pinjaman KTA online. Salah satu perbankan yang semakin populer saat ini adalah OK Bank. Sebab OK Bank mampu menawarkan limit kredit yang besar, mulai dari 3 juta rupiah sampai 200 juta rupiah. Tenor yang disediakan untuk nasabah juga panjang mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun. Hal lain yang menarik dari OK Bank mampu memberikan suku bunga yang kompetitif hanya 0,89% maksimal 3,49% (tergantung penilaian). 


Layanan KTA OK Bank dapat diajukan secara online, melalui kta.okbank.co.id. Bagi calon debitur yang tertarik bisa melengkapi persyaratan ini terlebih dahulu,

  • Mempunyai e-KTP
  • Berusia 21 sampai 55 tahun
  • Memiliki rekening bank
  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan
  • Alamat KTP atau berdomisili di Jabodetabek

Setelah persyaratan di atas sudah disiapkan, calon debitur bisa mengajukan pinjaman dengan cara berikut: 

  1. Cara pertama masuk ke Website OK Bank https://kta.okbank.co.id/ silakan simulasi pinjaman dengan mengisi jumlah dan tenor pinjaman.
  2. Isi formulir pengajuan.
  3. Isi data pribadi, silakan tulis nama, NIK, nomor handphone, dan tempat tinggal.
  4. Pilih status pekerjaan, nama perusahaan, tujuan pinjaman, hingga pendapatan per bulan. Pada Tab tombol klik “Ajukan” untuk menyerahkan aplikasi.

Setelah melengkapi formulir pengajuan yang sudah memenuhi kriteria penerima pinjaman, calon debitur akan menerima email dari OK Bank untuk melampirkan sejumlah dokumen persyaratan.


Itulah 4 cara agar pengajuan pinjaman KTA OK Bank bisa disetujui. Setelah mengikuti 4 cara tersebut Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman KTA online dengan langkah-langkah di atas. Silakan menggunakan layanan KTA OK Bank karena persyaratan dan mekanisme pengajuannya yang mudah. Pilihlah plafon dan tenor yang sesuai kemampuan agar tidak memberatkan beban cicilan Anda.