LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
Apa itu Tenor? Inilah Pengertian yang Harus Diketahui Sebelum Lakukan Pinjaman Online

Apa itu Tenor? Inilah Pengertian yang Harus Diketahui Sebelum Lakukan Pinjaman Online

Tenor berpengaruh terhadap besaran bunga pinjaman. Tenor juga memastikan kemampuan Anda untuk membayar pinjaman online tersebut. Mungkin Anda sering mendengar kata tenor ketika hendak melakukan pengajuan pinjaman online. Nah inilah pengertian dari tenor tersebut. 


Tenor merupakan istilah yang sangat berkaitan dengan kredit dan pinjaman. Jika hendak melakukan pengajuan pinjaman ada baiknya Anda memahami apa itu tenor, sehingga Anda tidak salah ambil keputusan ketika melakukan pengajuan KTA online tenor panjang. 


Tenor adalah jangka waktu penyelesaian cicilan yang harus dibayarkan sebelum jatuh tempo. Tenor juga mempengaruhi terhadap besarnya bunga cicilan yang harus dibayarkan. 


Tenor terbagi menjadi 2 kategori yaitu; 


1. Tenor Pendek 

Tenor pendek yaitu jangka waktu yang diberikan kepada calon nasabah dengan waktu singkat biasanya jangka waktu tenor pendek ini yaitu 3-6 bulan lamanya. 

Tenor ini memberikan keuntungan bagi debitur untuk mengembalikan pinjaman lebih ringan bunganya. Akan tetapi pelunasan cicilan dari tenor pendek ini setiap bulannya menjadi lebih besar.


Baca juga: 5 Pinjaman KTA Online Terbaik dari Bank di Indonesia 2022


2. Tenor Panjang

Tenor panjang merupakan jangka waktu pelunasan yang cukup lama, biasanya panjang waktu. Tenor ini mulai dari 3-5 tahun. Tenor ini biasanya dipercaya bagi layanan pinjaman untuk yang sudah memiliki gaji tetap seperti karyawan, sehingga meminimalisir kemacetan pada saat pembayaran, tetapi jumlah keseluruhan kredit menjadi lebih besar dibandingkan dengan tenor pendek, ini disebabkan oleh bunga makin besar diakibatkan dari jangka waktu pelunasan cicilan.


Seperti yang sudah disebutkan dalam poin di atas lama tenor sangat beragam, mulai dari bulanan hingga tahunan. Adapun faktor yang mempengaruhi lamanya tenor sebagai berikut:




  • Usia Peminjam

Usia bisa mempengaruhi lamanya tenor yang didapatkan bagi debitur. Usia debitur yang lebih muda memiliki nilai lebih di dalam proses penentuan tenor pinjaman. Hal ini disebabkan karena masih memiliki usia produktif sehingga memiliki kemampuan membayar cicilan dengan tenor panjang. Untuk usia yang lebih tua biasanya akan mendapatkan tenor pinjaman yang relatif lebih pendek, karena usia produktifnya sudah tidak banyak. 


  • Penghasilan Bulanan

Hal kedua yaitu penghasilan bulanan yang dapat mempengaruhi besar kecilnya tenor yang akan didapatkan. Semakin tinggi penghasilan yang bisa didapatkan setiap bulannya maka layanan KTA online tenor panjang makin percaya untuk memberikan jangka waktu tenor panjang.


  • Jumlah Uang yang Dipinjam 

Jumlah uang yang dipinjam bisa menjadi faktor penentu lama tenor yang akan diberikan kreditur. Jika peminjam melakukan pengajuan pinjaman dengan jumlah yang besar tentunya akan dipertimbangan terkait dengan tenor pinjaman yang akan diberikan. Biasanya semakin banyak jumlah yang dipinjam makan semakin lama tenor yang akan diberikan. 


Baca juga: 3 Manfaat Pinjaman KTA Online Untuk Pendidikan Anak


Nah, itulah yang dimaksud dengan tenor serta faktor yang mempengaruhi panjang atau pendeknya tenor yang diberikan kepada calon debitur. Jika anda berniat untuk melakukan pinjaman KTA online direkomendasikan untuk mengajukan pengajuan di OK KTA dari OK Bank. OK KTA memberikan berbagai macam fasilitas yang bisa Anda dapatkan seperti KTA online tenor panjang mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun, dengan suku bunga yang kompetitif mulai dari 0,86% hingga 3,49% dan biaya admin yang kecil sebesar 4% dari nominal pinjaman yang disetujui serta syarat yang mudah dan proses pencairan yang cepat. Jika Anda berminat untuk melakukan pengajuan KTA online di OK KTA bisa klik di sini.



  

Artikel Finansial