LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
Jangan Asal Renovasi Rumah! Perhatikan 5 Hal Penting Berikut

Jangan Asal Renovasi Rumah! Perhatikan 5 Hal Penting Berikut

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer bagi semua orang. Namun, bagi sebagian orang merenovasi rumah bukanlah kegiatan primer. Renovasi rumah biasanya dilakukan ketika kondisi bagian interior maupun eksterior sudah mulai ada kerusakan dan harus dilakukan peremajaan. Akan tetapi, tak jarang orang melakukan renovasi rumah hanya karena sudah bosan dengan bentuk, struktur, dan desain tertentu, atau sekadar menginginkan suasana baru. 


Bagi sebagian orang merenovasi rumah tampaknya rumit dan merepotkan, namun sebetulnya bisa menjadi menyenangkan jika Anda mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya.


Renovasi rumah tak melulu soal struktur atau bentuk rumah karena merenovasi sendiri bisa diartikan sebagai proses memperbarui atau memperbaiki interior rumah dan eksterior seperti contoh halaman, kebun, garasi atau gazebo juga bisa dikatakan renovasi rumah.


Untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan tampilan ruangan yang cantik. Anda perlu melakukan perencanaan renovasi rumah dengan matang. Jangan sampai renovasi rumah Anda gagal atau tidak sesuai harapan karena kurangnya perencanaan dan informasi. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Merenovasi Rumah

Rencana renovasi rumah harus dipertimbangkan secara matang dan terkonsep sehingga hasilnya bisa maksimal sesuai ekspektasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan saat merencanakan renovasi rumah.


  1. Anggaran

Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah menghitung biaya atau anggaran. Jika tujuannya menambah ruangan, Anda perlu menghitung setiap estimasi anggaran dengan detail mulai dari bahan material, biaya tukang, dan pengeluaran tidak terduga lainnya. 


Sebaiknya Anda menghitung dengan harga bahan material di harga tertinggi dari pasaran saat ini dengan biaya tukang dan pengeluaran tak terduga ditambah minimal 20%. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki persiapan anggaran yang lebih besar, sehingga jika renovasi rumah tidak sesuai target hari yang direncanakan Anda masih memiliki dana yang cukup.


  1. Kontraktor Berpengalaman

Meskipun bahan material yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Akan tetapi, jika dikerjakan oleh kontraktor yang tidak berpengalaman hasilnya akan berbeda dan tidak sesuai harapan. Pilihlah kontraktor yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


  1. Membuat Daftar Hal yang Perlu Dilakukan

Anda dan keluarga harus membuat daftar-daftar yang perlu direnovasi. Sebagai contoh memulai renovasi di bagian interior terlebih dahulu kemudian bagian eksterior. 




  1. Menggunakan Material Bangunan Terbaik

Kualitas bahan material sangat menentukan daya tahan rumah dan hasil yang lebih baik. Poin ini tidak bisa Anda sepelekan. Jika memilih bahan material yang murahan dengan kualitas di bawah standar dikhawatirkan bangunan tidak kokoh dan mudah rusak kembali.


  1. Memperhatikan Proses Renovasi

Walaupun sudah menggunakan jasa kontraktor yang berpengalaman, Anda tetap harus mengawasi proses pekerjaannya. Hal ini bertujuan agar renovasi rumah bisa selesai sesuai target.


Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan sebelum memulai renovasi rumah. Jangan sampai Anda menyesal karena kurangnya perencanaan. Biaya memang seringkali menjadi kendala utama ketika hendak merenovasi rumah. 


Apabila tabungan yang dimiliki belum cukup namun keadaan rumah harus segera direnovasi, Anda bisa menggunakan pinjaman online cepat cair. Salah satu fasilitas kredit yang bisa dimanfaatkan adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kelebihan fasilitas ini peminjam tidak perlu repot-repot memberikan jaminan seperti sertifikat rumah, tanah, dan kendaraan. Cukup dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Apabila pengajuannya disetujui dana akan cair langsung ke rekening pribadi. Namun, perlu dipastikan Anda memiliki riwayat kredit BI Checking yang baik.


Salah satu KTA yang direkomendasikan adalah KTA OK Bank yang mampu menawarkan limit kredit mulai dari 3 juta rupiah sampai 200 juta rupiah. Dengan tenor panjang mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun. Kelebihan lain dari KTA OK Bank ialah suku bunga yang kompetitif hanya 0,89% maksimal 3,49% (tergantung penilaian). 


Bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman online cepat cair bisa mengajukan KTA OK Bank langsung melalui website resmi.


  

Artikel Finansial