LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
10 Kota Populer Tujuan Mudik 2023, Ada Kampung Halamanmu?

10 Kota Populer Tujuan Mudik 2023, Ada Kampung Halamanmu?

Setelah berpuasa sepanjang bulan, momen Idul Fitri menjadi waktu yang ditunggu-tunggu para perantau untuk kembali ke kampung halaman dan merayakan Lebaran bersama keluarga. Pada khususnya, setelah berakhirnya pandemi, masyarakat kini dapat merasakan kembali kebahagiaan mudik dengan rasa aman ke kota mudik lebaran.


Dilansir dari data Kementerian Perhubungan, pada tahun 2023, jumlah pemudik diperkirakan mencapai 123,8 juta orang. Para perantau, terutama yang berasal dari ibu kota Jakarta, mulai meninggalkan kota menuju kampung halaman mereka, dan jalur darat serta penggunaan kendaraan pribadi roda empat tetap menjadi pilihan utama mereka untuk mudik.


Jawa Tengah menduduki peringkat pertama sebagai provinsi tujuan pemudik pada libur Lebaran tahun ini. Diperkirakan sebanyak 32,75 juta orang akan mudik ke berbagai kota di provinsi ini yang menjadi jantung budaya Jawa. Provinsi-provinsi lain yang menjadi tujuan populer pemudik adalah Jawa Timur dengan jumlah sekitar 24,60 juta orang, Jawa Barat sebanyak 20,72 juta orang, Jabodetabek dengan 8,07 juta orang, dan Daerah Istimewa Yogyakarta sekitar 5,9 juta orang.


Namun, pertanyaannya adalah, kota-kota mana saja yang menjadi tujuan mudik favorit masyarakat dari tahun ke tahun? Berdasarkan berbagai sumber resmi, berikut adalah beberapa kota populer yang menjadi destinasi utama para pemudik:


1. Semarang


1


Kota Lumpia ini menjadi salah satu destinasi mudik paling populer para perantau. Hal ini terlihat dari terjadinya kemacetan parah setiap tahunnya di kawasan Pantura yang menjadi jalur penghubung kota Semarang dengan daerah lain. Tidak hanya itu, Semarang juga sering menjadi tujuan destinasi wisata saat Lebaran tiba, dengan masyarakat berbondong-bondong menikmati sejumlah wisata seperti Lawang Sewu hingga Klenteng Sam Po Kong.


2. Yogyakarta


2


Meski identik sebagai kota wisata, Kota Gudek ini juga menjadi tujuan para pemudik. Banyaknya warga Yogyakarta yang merantau ke Jakarta membuat kota ini menjadi destinasi mudik yang diminati. Yogyakarta menawarkan objek wisata budaya di Keraton Yogyakarta dan pelesiran ke pantai di daerah Gunung Kidul.


3. Solo


3


Kota Solo juga menjadi tujuan mudik favorit dari tahun ke tahun. Rute kereta api dan penerbangan yang berhenti di Solo biasanya membawa pemudik dengan tujuan Salatiga, Wonogiri, Klaten, dan sekitarnya. Kota yang dahulunya berada di bawah Karesidenan Surakarta ini pun menawarkan banyak wisata budaya yang diminati pemudik, seperti pusat perbelanjaan batik Klewer, Keraton Surakarta, dan ragam kuliner dengan cita rasa khas.


4. Purwokerto


4


Beralih ke jalur Selatan Pulau Jawa, Purwokerto juga menjadi tujuan mudik favorit yang enggak kalah ramai tiap tahunnya. Pemudik yang mudik ke kota ini bisa menggunakan bus atau kereta api. Namun, daerah ini juga bisa diakses dengan kendaraan pribadi. Purwokerto yang dikenal sebagai Kota Transit ini juga menyimpan destinasi wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran, seperti Kebun Raya Baturaden, Bukit Watu Teja, Gunung Slamet, hingga Curug Gomblang.


5. Surabaya


5


Kota pahlawan di Timur Jawa ini juga menjadi tujuan favorit para pemudik dari berbagai daerah. Kota satu ini bisa diakses dari arah Jakarta dengan kereta api, bus, pesawat, atau menggunakan kendaraan pribadi. Selain destinasi seperti Surabaya Zoo dan Pantai Kenjeran, pemudik dapat menikmati keindahan lampu Jembatan Suramadu di malam hari.


6. Malang


6


Kota Apel ini pun mulai menjadi tujuan mudik favorit masyarakat tiap tahunnya. Masih berada di provinsi Jawa Timur, markasnya para Aremania ini biasanya oleh para pemudik diakses dengan bus, kereta api, atau pesawat terbang. Selain menikmati apel Malang yang khas, di kota ini para pemudik biasanya akan mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti museum angkut, alun-alun, air terjun Coban Rondo, hingga kampung warna-warni.


7. Bandung




7


Paris van Java memang tidak terlalu jauh dari Jakarta, namun daerah ini tetap menjadi destinasi tujuan pemudik dari tahun ke tahun. Biasanya, mereka mengakses Bandung dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, kereta api, bus, atau travel. Saat mudik mereka pun sering berwisata ke kawasan Bandung dan sekitarnya yang kaya akan destinasi wisata alam. Mulai dari Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, hingga jajaran kuliner menggoda di tengah kota yang dikenal dengan nama Jalan Braga.


8. Padang


8


Selain Pulau Jawa, daerah Sumatera juga menjadi tujuan favorit masyarakat. Salah satunya adalah Kota Padang yang banyak merantau ke ibu kota dan menjadi tradisi turun temurun di sana. Pemudik biasanya menggunakan bus jalur darat, kapal, atau pesawat terbang untuk mudik ke Padang. Di Kota rendang ini pun akan menikmati sederet destinasi wisata, seperti Jembatan Siti Nurbaya, Pantai Nirwana, hingga Air Terjun Lubuk Hitam.


9. Medan


9


Kota Medan juga menjadi salah satu tujuan mudik favorit masyarakat. Namun, alih-alih menggunakan jalur darat, biasanya warga Medan mudik menggunakan pesawat agar lebih efektif dan dapat memangkas waktu perjalanan. Selain menjadi tujuan mudik, kawasan sekitar Medan juga menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang cukup menarik saat Lebaran. Beberapa yang populer tentu saja Air Terjun Sibolangit dan Danau Toba.


10. Palembang


10


Kota di Sumatera Selatan ini tetap menjadi salah satu tujuan favorit pemudik saat Idul Fitri tiba. Pasalnya, banyak warga Palembang yang merantau ke ibukota untuk mencari penghasilan lebih dibanding saat bekerja di sana. Menjadi salah satu tujuan mudik favorit masyarakat, Palembang juga menawarkan ragam wisata yang sayang untuk dilewatkan saat liburan tiba. Beberapa di antaranya termasuk Jembatan Ampera hingga Benteng Kuto Besak.


Nah, itulah dia kota tujuan mudik favorit masyarakat dari tahun ke tahun. Semoga, kampung halaman Anda masuk dalam daftar tersebut!


Nah, bagi Anda yang ingin mudik akan tetapi masih kekurangan dalam segi biaya tambahan. OK KTA dari OK Bank bisa menjadi solusi. 


OK KTA dari OK Bank dapat memberikan pinjaman hanya dalam waktu kurang lebih 2 menit untuk pengajuan pinjaman, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman yang langsung cair dalam 1 hari kerja. Untuk mengajukan KTA OK Bank, berikut beberapa persyaratan yang harus dilengkapi:


  • Usia minimal 21 tahun sampai 55 tahun dan Warga Negara Indonesia.

  • Memiliki rekening bank.

  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan.

  • Alamat KTP atau berdomisili di Jabodetabek, Karawang.


Temukan semua informasi yang Anda butuhkan tentang OK KTA dari OK Bank di halaman ini.





  

Artikel Finansial