LOGO OK BANK Indonesia
LOGO OK BANK Indonesia
search articles OK Bank
Rahasia Terbongkar! Mengungkap Motif dan Modus Penipuan Iphone Si Kembar Rihana Rihani

Rahasia Terbongkar! Mengungkap Motif dan Modus Penipuan Iphone Si Kembar Rihana Rihani

Media sosial akhir-akhir ini ramai membahas tentang modus penipuan Rihana Rihani yang menjual iPhone dengan sistem pre-order. Alih-alih mendapatkan iPhone, para korban justru terperangkap aksi penipuan Rihana Rihani yang merugikan.


Penipuan yang melibatkan perangkat elektronik, termasuk iPhone adalah masalah yang sering terjadi di berbagai negara. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini tren pemakaian iPhone sedang mengalami peningkatan.


Untuk kasus penipuan Rihana Rihani sendiri menggunakan modus skema ponzi, di mana saudari kembar tersebut membujuk korban untuk menjadi reseller iPhone. Tak tanggung-tanggung, hasil penipuan Rihana Rihani dari belasan korban ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah.

Modus Penipuan Rihana Rihani

1


Si kembar Rihana Rihani melancarkan aksi penipuannya dengan membuka pre-order iPhone kepada para reseller. Bagi reseller yang ingin membeli iPhone dari mereka harus memesan dan membayar penuh di muka.


Para korban yang menjadi reseller iPhone dari Rihana dan Rihani kemudian diajak berinvestasi yang termasuk skema ponzi untuk membeli produk dengan harga lebih murah dari pasaran. Diketahui korban bisa rugi Rp 200 ribu hingga Rp 3 juta per unit iPhone terjual.


Sebagai informasi, skema ponzi merupakan salah satu modus investasi bodong yang memberikan janji keuntungan tinggi kepada investor dalam waktu singkat. Untuk melancarkan aksi penipuannya itu, Rihana dan Rihani mengaku sebagai distributor resmi iPhone bergaransi dengan menawarkan harga iPhone hingga 30% lebih murah dari yang tersedia di outlet resmi.


Para korban tentunya tergiur oleh penawaran murah dan mempercayai si kembar lantaran keduanya mengaku sebagai distributor iPhone dengan jaminan resmi. Namun, produk iPhone yang dipesan tidak pernah dikirimkan ke alamat pembeli.

Tips Aman Membeli Barang Elektronik Secara Online

2


Kalau kamu tertarik untuk membeli iPhone atau barang elektronik secara online, perhatikan beberapa tips berikut ini agar terhindari dari modus penipuan seperti yang dilakukan oleh si kembar Rihana Rihani:


1. Pilihlah Toko Online yang Terpercaya

Jika memutuskan untuk membeli iPhone secara online, pastikan kamu memilih toko online yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Baca ulasan pelanggan sebelumnya dan periksa apakah toko tersebut memiliki kebijakan pengembalian yang jelas dan dapat dipercaya.


Akan lebih aman apabila kamu membeli iPhone atau produk elektronik secara online melalui platform e-commerce. Sebab, platform ini biasanya memiliki sistem keamanan dan kebijakan perlindungan pembeli yang jelas.


2. Jangan Terkecoh dengan Harga yang Terlalu Murah

Seperti yang sudah dibahas di atas, para korban aksi penipuan Rihana Rihani tergiur oleh penawaran harga yang murah dibandingkan harga resmi. Jika menemukan produk pre-order yang menawarkan harga jauh dari pasaran, ada baiknya untuk berhati-hati karena itu bisa menjadi tanda adanya penipuan.




Penting untuk membandingkan harga dengan penjual lain sebelum memutuskan membeli suatu produk. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa kisaran harga yang wajar di pasaran dan tidak mudah terkecoh dengan harga yang terlalu murah.


3. Membeli dari Distributor Resmi

Pastikan kamu membeli produk elektronik dari pengecer resmi atau langsung dari produsen. Meskipun harganya lebih mahal sedikit, namun hal ini akan mengurangi risiko membeli produk palsu dan terhindar dari modus penipuan seperti yang dilakukan oleh si kembar Rihana Rihani.


Jika mengikuti sistem pre-order, cari tahu informasi tentang penjual dan periksa reputasinya dengan membaca ulasan pelanggan dan mencari informasi tentang keberadaan fisik mereka, seperti alamat toko atau nomor telepon.


Hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghindari penipuan seperti yang dilakukan oleh Rihana Rihani yaitu dengan berbelanja dari toko resmi atau distributor yang memiliki reputasi bagus. Jangan ragu untuk membandingkan harga dan meneliti tentang produk yang akan dibeli. 


Mengingat harga iPhone yang tidak murah, penting juga untuk memeriksa dengan cermat segel keamanan, nomor seri, dan fitur fisik lainnya yang dapat membedakan iPhone asli dari produk palsu.


Selain itu, jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang terlalu jauh dari harga di pasaran. Tidak ada salahnya jika kamu menabung sedikit lagi untuk bisa mendapatkan iPhone dari distributor resminya dibandingkan harus membeli dengan harga terlalu murah.


Jika iPhone termasuk kebutuhan mendesak tapi terhalang oleh ketersediaan dana, kamu bisa memanfaatkan pinjaman online resmi OK KTA dari OK BANK. OK BANK merupakan layanan pinjaman online yang sudah berizin dan terpercaya dari OJK dengan bunga kompetitif, mulai dari 0,89%.


OK KTA menyediakan plafon pinjaman mulai dari Rp 3 juta - Rp 200 juta dengan penawaran tenor yang  panjang, mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun yang bisa memudahkan kamu untuk memenuhi segala kebutuhan.


Proses pinjaman hanya 5 menit dan bisa langsung cair dalam 1 hari, sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika berada dalam keadaan mendesak. Ada banyak manfaat yang bisa kamu terima saat melakukan pinjaman di OK BANK. Klik halaman ini untuk mendapatkan semua informasi lengkap terkait OK KTA.



  

Artikel Finansial